Entri Populer

Selasa, 02 November 2010

SILABUS AGAMA HINDU KELAS X

SILABUS
           SATUAN PENDIDIKAN           :SMA NEGERI 1 BONTANG
           MATA PELAJARAN                 : AGAMA HINDU
           KELAS/SEMESTER                 : X/1
           STANDAR KOMPETENSI     : Memahami sejarah perkembangan agama Hindu di India dan Negara-negara lainnya.
           ASPEK                                       : Sejarah Agama Hindu
           ALOKASI WAKTU                    : 10 x 45 Menit
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
BELAJAR
TM
PS
PI
§  Menjelaskan perkembangan agama Hindu di India
§ Menyebutkan tahap-tahap perkembangan agama Hindu di India
§ Menguraikan fakta-fakta sejarah agama Hindu di India
·     Tahap - tahap perkembangan agama Hindu di India
·     Kejadian sejarah Agama Hindu di India
o   Dialog/Tanya jawab tentang tahap-tahap perkembangan agama Hindu di India.
o   Dialog/Tanya jawab tentang kejadian sejarah agama Hindu di India.
·   Tes lisan
·   Tes tertulis
·   Tugas

2jp


§ Buku Sejarah India
§ Buku  Sejarah Agama Hindu
§ Buku Sejarah Indonesia
§  Menjelaskan perkembangan agama Hindu di Negara lain

§ Menyebutkan perkembangan sejarah agama Hindu di Negara lain
§ Menyebutkan fakta-fakta sejarah agama Hindu di Negara lain
·     Pengaruh Agama Hindu di Negara lain
·     Kejadian sejarah agama Hindu di Negara lain
o   Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tes tertulis
·   Tugas

2jp


§ Buku  Sejarah Agama Hindu
§ Buku Sejarah Indonesia
§  Mengambil hikmah dari perkembangan agama Hindu di India dan Negara lain

§ Menggunakan pengalaman tentang sejarah agama Hindu untuk meningkatkan  kebanggaan sebagai penganut agama Hindu
§ Menunjukkan sebab-sebab kejayaan agama Hindu
·     sejarah kejayaan agama Hindu di India dan Negara lain
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tes tertulis
·   Tugas

2jp


§ Buku  Sejarah dunia
§ Buku Sejarah India

§  Menunjukkan bukti-bukti peninggalan sejarah perkembangan agama Hindu di india dan di Negara lain
·     Mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan sejarah perkembangan agama Hindu di india dan di Negara lain
§ Memberi contoh/gambar bukti-bukti peninggalan sejarah perkembangan agama Hindu di india dan di Negara lain
·     Urutan kejadian sejarah agama Hindu di India dan Negara lain
·     Bukti – bukti peninggalan sejarah agama Hindu di India dan Negara lain
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tes tertulis
·   Tugas

4jp


§ Buku Sejarah India
§ Buku sejarah dunia
§ Buku  Sejarah Agama Hindu
§ Buku Sejarah Indonesia


SILABUS
           SATUAN PENDIDIKAN           :SMA NEGERI 1 BONTANG
           MATA PELAJARAN                 : AGAMA HINDU
           KELAS/SEMESTER                 : X/1
           STANDAR KOMPETENSI     : Memahami kepemimpinan menurut Niti Sastra.
           ASPEK                                       : Kepemimpinan
           ALOKASI WAKTU                    : 10 x 45 Menit
          
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
BELAJAR
TM
PS
PI
§  Menjelaskan tipe-tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra
·     Menyebutkan macam – macam tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra
·     Menguraikan ciri – ciri karakteristik tipe-tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra
·     Macam – macam tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra

Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tes tertulis
·   Tugas

2jp


§ Buku Nitisastra
§ Buku Manawa Dharmasastra
§ Buku Mahabharata
§ Buku Ramayana
§  Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra
·     Membandingkan antara tipe-tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra
·     Merumuskan beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra
·     Ciri – cirri karakteristik tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra
·     Bentuk dan Model kepemimpinan menurut Niti Sastra
·     Kelebihan dan kekurangan tipe- tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tes tertulis
·   Tugas

2jp


§ Buku kepemimpinan menurut Hindu
§ Buku Nitisastra
§ Buku Mahabharata
§ Buku Ramayana
§  Merumuskan kepemimpinan yang ideal menurut Niti Sastra
·     Mengidentifikasi konsep – konsep kepemimpinan yang ideal menurut Niti Sastra
·     Menyimpulkan kepemimpinan mana saja yang ideal menurut Niti Sastra
·      Konsep – konsep kepemimpinan menurut Niti Sastra
·     Kepemimpinan yang ideal menurut Niti Sastra
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tes tertulis
·   Tugas

2jp


§ Buku kepemimpinan menurut Hindu
§ Buku Nitisastra
§ Buku Mahabharata
§ Buku Ramayana
§ Manawa Dharmasastra
§ Sarasamuccaya
§  Meneladani figur pemimpin yang telah mempraktekkan ajaran kepemimpinan menurut Niti Sastra
·     Mengenal tokoh – tokoh Hindu yang mempraktekkan ajaran kepemimpinan menurut Niti Sastra
·     memilih figure pemimpin yang diidolakan untuk diikuti jejaknya.
·     Tokoh – tokoh Hindu yang mempraktekkan ajaran kepemimpinan Niti Sastra
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tes tertulis
·   Tugas

4jp


§ Buku kepemimpinan menurut Hindu
§ Buku Nitisastra
§ Buku Mahabharata
§ Buku Ramayana


SILABUS
           SATUAN PENDIDIKAN           :SMA NEGERI 1 BONTANG
           MATA PELAJARAN                 : AGAMA HINDU
           KELAS/SEMESTER                 : X/1
           STANDAR KOMPETENSI     :Memahami Tata Cara Persembahyangan.
           ASPEK                                       : Yadnya
           ALOKASI WAKTU                    : 8 x 45 Menit
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
BELAJAR
TM
PS
PI

§  Menguraikan pengertian, tujuan dan makna persembahyangan

·     Menyebutkan pengertian dan tujuan persembahyangan
·     Menjelaskan makna persembahyangan
·     Pengertian, tujuan dan makna persembahyangan
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tes tertulis

2jp


§ Buku pelajaran agama Hindu X SMA

§  Melafalkan mantra-mantra sembahyang

·     Mengingat kembali mantra-mantra sembahyang
·     Mendemonstrasikan mantra-mantra sembahyang
·     Kutipan mantra-mantra sembahyang
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tugas

2jp


§ Buku Persembahyangan
§ Buku kramaning sembah

§  Melaksanakan sembahyang sesuai dengan tata cara yang benar

·     Melakukan kegiatan sembahyang sesuai dengan tata cara yang benar
·     Tata Cara Persembahyangan
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tugas

2jp


§ Buku doa sehari – hari menurut Hindu








SILABUS
           SATUAN PENDIDIKAN           :SMA NEGERI 1 BONTANG
           MATA PELAJARAN                 : AGAMA HINDU
           KELAS/SEMESTER                 : X/1
           STANDAR KOMPETENSI     : Memahami Perhitungan Hari-hari suci menurut Hindu.
           ASPEK                                       : Hari Suci
           ALOKASI WAKTU                    : 8 x 45 Menit
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
BELAJAR
TM
PS
PI
§  Menentukan hari-hari suci menurut Hindu
·     Mencari hari baik buruknya (hala Ayuning) Dewasya
·     Menghasilkan hari-hari suci menurut Hindu
·     Wariga
·     Hari – hari suci
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tes tertulis
·   Tugas

4jp


§ Buku Wariga
§ Kalender Hindu
§  Menunjukkan cara-cara menentukan hari-hari suci berdasarkan perhitungan Hindu (wuku dan sasih)
·     Menggunakan perhitungan hari-hari suci

·     Wariga
·     Hari – hari suci
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tugas

2jp


§ Buku Wariga
§ Kalender Hindu
§  Menentukan baik-buruknya hari berdasarkan perhitungan Hindu
·     Menghitung baik buruknya Dewasya
·     Wariga
·     Hari – hari suci
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tugas

2jp












SILABUS
           SATUAN PENDIDIKAN           :SMA NEGERI 1 BONTANG
           MATA PELAJARAN                 : AGAMA HINDU
           KELAS/SEMESTER                 : X/2
           STANDAR KOMPETENSI     : Memahami Sifat-sifat Triguna dan Dasamala.
           ASPEK                                       : Susila
           ALOKASI WAKTU                    : 14 x 45 Menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
BELAJAR
TM
PS
PI

§  Menguraikan pengertian Tri Guna dan Dasa Mala

·     Menyebutkan pengertian dan bagian – bagian Tri Guna dan Dasa Mala
·     Menguraikan makna Tri Guna dan Dasa Mala
·     Pengertian dan makna Tri Guna
·     Pengertian dan makna Dasa Mala
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tes tertulis
2jp



§  Menjelaskan bagian-bagian Tri Guna dan Dasa Mala
·     Membedakan bagian – bagian Tri Guna dan Dasa Mala
·     Memberi contoh bagian – bagian Tri Guna dan Dasa Mala
·     Perbedaan bagian – bagian Tri Guna
·     Perbedaan bagian – bagian Dasa Mala
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tes tertulis
2jp



§  Mengidentifikasi pengaruh Tri Guna dan Dasa Mala terhadap kepribadian manusia

·     Menyebutkan tanda – tanda pengaruh Tri Guna dan Dasa Mala
·     Memberi alasan tentang pengaruh Tri Guna dan Dasa Mala terhadap kepribadian manusia
·     Pengaruh Tri Guna dan Dasa Mala terhadap kepribadian manusia
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tes tertulis

4jp



§  Menunjukkan contoh-contoh perilaku yang dipengaruhi oleh Tri Guna dan Dasa Mala
·     Menggolongkan perilaku yang dipengaruhi Tri Guna dan Dasa Mala
·     Menyajikan daftar/bagan perilaku yang dipengaruhi Tri Guna dan Dasa Mala
·     Pengaruh Tri Guna terhadap perilaku manusia
·     Pengaruh Dasa Mala terhadap perilaku manusia
·     Ajaran pengendalian diri

Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tes tertulis
·   Tugas

4jp



§  Melakukan upaya-upaya untuk menghindari pengaruh Dasa Mala
·     Memahami ajaran pengendalian diri
·     Menerapkan ajaran pengendalian diri

Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes Pengamatan
·   Tes Perilaku
·   Tes tertulis
·   Tugas

2jp





SILABUS
           SATUAN PENDIDIKAN           :SMA NEGERI 1 BONTANG
           MATA PELAJARAN                 : AGAMA HINDU
           KELAS/SEMESTER                 : X/ 2
           STANDAR KOMPETENSI     : Memahami Struktur, hakekat dan pelestarian kesucian tempat suci.
           ASPEK                                       : Tempat suci
           ALOKASI WAKTU                    : 6 x 45 Menit
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
BELAJAR
TM
PS
PI
§  Menguraikan struktur dan hakikat tempat suci
·     Menyebutkan struktur tempat suci
·     Menjelaskan hakekat tempat suci
·     Struktur dan hakekat tempat suci
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tes tertulis
·    
2jp



§  Menggambarkan struktur tempat suci menurut daerah setempat  
·     Membuat sketsa susunan tempat suci menurut daerah setempat
·     Menjelaskan fungsi dan makna susunan tempat suci menurut daerah setempat
·     Bentuk dan jenis tempat suci menurut daerah setempat
·     Fungsi, makna, bentuk dan jenis tempat suci menurut daerah setempat
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tugas

2jp



§  Melakukan upaya-upaya pelestarian kesucian tempat suci 
·     Menyebutkan isi bisama kesucian pura
·     Melaksanakan upaya-upaya untuk melestarikan kesucian tempat suci 
·     Bisama kesucian pura
·     Upaya-upaya melestarikan kesucian tempat suci 
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tes tertulis

2jp












SILABUS
           SATUAN PENDIDIKAN           : SMA NEGERI 1 BONTANG
           MATA PELAJARAN                 : AGAMA HINDU
           KELAS/SEMESTER                 : X/2
           STANDAR KOMPETENSI     : Memahami Atman sebagai sumber hidup.
           ASPEK                                       : Sraddha
           Alokasi Waktu                          : 8 x 45 Menit
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
BELAJAR
TM
PS
PI

§  Menjelaskan pengertian dan fungsi Atman 

·     Menyebutkan pengertian dan fungsi Atman 
·     Menguraikan hakekat Atman
·     Pengertian, fungsi dan hakekat  Atman 
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes tertulis

2jp



§  Menguraikan sifat-sifat Atman
·     Membedakan antara badan dan Atman
·     Menjelaskan sifat – sifat Atman
·     Sifat – sifat Atman
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes lisan
·   Tes tertulis
·   Tugas

2jp



§  Menjelaskan hubungan Atman dengan Brahman
·     Menghubungkan sifat – sifat Atman dan sifat – sifat Brahman
·     Menguraikan prinsip – prinsip dasar hubungan Atman dengan Brahman
·     Sifat – sifat Brahman
·     Prinsip dasar hubungan Atman dengan Brahman
Dialog/Tanya jawab tentang
·   Tes tertulis

4jp








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar