SILABUS
SATUAN PENDIDIKAN :SMA NEGERI 1 BONTANG
MATA PELAJARAN : AGAMA HINDU
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami sejarah perkembangan agama Hindu di India dan Negara-negara lainnya.
ASPEK : Sejarah Agama Hindu
ALOKASI WAKTU : 10 x 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
§ Menjelaskan perkembangan agama Hindu di India | § Menyebutkan tahap-tahap perkembangan agama Hindu di India § Menguraikan fakta-fakta sejarah agama Hindu di India | · Tahap - tahap perkembangan agama Hindu di India · Kejadian sejarah Agama Hindu di India | o Dialog/Tanya jawab tentang tahap-tahap perkembangan agama Hindu di India. o Dialog/Tanya jawab tentang kejadian sejarah agama Hindu di India. | · Tes lisan · Tes tertulis · Tugas | 2jp | | | § Buku Sejarah India § Buku Sejarah Agama Hindu § Buku Sejarah Indonesia |
§ Menjelaskan perkembangan agama Hindu di Negara lain | § Menyebutkan perkembangan sejarah agama Hindu di Negara lain § Menyebutkan fakta-fakta sejarah agama Hindu di Negara lain | · Pengaruh Agama Hindu di Negara lain · Kejadian sejarah agama Hindu di Negara lain | o Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tes tertulis · Tugas | 2jp | | | § Buku Sejarah Agama Hindu § Buku Sejarah Indonesia |
§ Mengambil hikmah dari perkembangan agama Hindu di India dan Negara lain | § Menggunakan pengalaman tentang sejarah agama Hindu untuk meningkatkan kebanggaan sebagai penganut agama Hindu § Menunjukkan sebab-sebab kejayaan agama Hindu | · sejarah kejayaan agama Hindu di India dan Negara lain | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tes tertulis · Tugas | 2jp | | | § Buku Sejarah dunia § Buku Sejarah India |
§ Menunjukkan bukti-bukti peninggalan sejarah perkembangan agama Hindu di india dan di Negara lain | · Mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan sejarah perkembangan agama Hindu di india dan di Negara lain § Memberi contoh/gambar bukti-bukti peninggalan sejarah perkembangan agama Hindu di india dan di Negara lain | · Urutan kejadian sejarah agama Hindu di India dan Negara lain · Bukti – bukti peninggalan sejarah agama Hindu di India dan Negara lain | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tes tertulis · Tugas | 4jp | | | § Buku Sejarah India § Buku sejarah dunia § Buku Sejarah Agama Hindu § Buku Sejarah Indonesia |
SILABUS
SATUAN PENDIDIKAN :SMA NEGERI 1 BONTANG
MATA PELAJARAN : AGAMA HINDU
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami kepemimpinan menurut Niti Sastra.
ASPEK : Kepemimpinan
ALOKASI WAKTU : 10 x 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
§ Menjelaskan tipe-tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra | · Menyebutkan macam – macam tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra · Menguraikan ciri – ciri karakteristik tipe-tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra | · Macam – macam tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tes tertulis · Tugas | 2jp | | | § Buku Nitisastra § Buku Manawa Dharmasastra § Buku Mahabharata § Buku Ramayana |
§ Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra | · Membandingkan antara tipe-tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra · Merumuskan beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra | · Ciri – cirri karakteristik tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra · Bentuk dan Model kepemimpinan menurut Niti Sastra · Kelebihan dan kekurangan tipe- tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tes tertulis · Tugas | 2jp | | | § Buku kepemimpinan menurut Hindu § Buku Nitisastra § Buku Mahabharata § Buku Ramayana |
§ Merumuskan kepemimpinan yang ideal menurut Niti Sastra | · Mengidentifikasi konsep – konsep kepemimpinan yang ideal menurut Niti Sastra · Menyimpulkan kepemimpinan mana saja yang ideal menurut Niti Sastra | · Konsep – konsep kepemimpinan menurut Niti Sastra · Kepemimpinan yang ideal menurut Niti Sastra | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tes tertulis · Tugas | 2jp | | | § Buku kepemimpinan menurut Hindu § Buku Nitisastra § Buku Mahabharata § Buku Ramayana § Manawa Dharmasastra § Sarasamuccaya |
§ Meneladani figur pemimpin yang telah mempraktekkan ajaran kepemimpinan menurut Niti Sastra | · Mengenal tokoh – tokoh Hindu yang mempraktekkan ajaran kepemimpinan menurut Niti Sastra · memilih figure pemimpin yang diidolakan untuk diikuti jejaknya. | · Tokoh – tokoh Hindu yang mempraktekkan ajaran kepemimpinan Niti Sastra | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tes tertulis · Tugas | 4jp | | | § Buku kepemimpinan menurut Hindu § Buku Nitisastra § Buku Mahabharata § Buku Ramayana |
SILABUS
SATUAN PENDIDIKAN :SMA NEGERI 1 BONTANG
MATA PELAJARAN : AGAMA HINDU
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI :Memahami Tata Cara Persembahyangan.
ASPEK : Yadnya
ALOKASI WAKTU : 8 x 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
§ Menguraikan pengertian, tujuan dan makna persembahyangan | · Menyebutkan pengertian dan tujuan persembahyangan · Menjelaskan makna persembahyangan | · Pengertian, tujuan dan makna persembahyangan | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tes tertulis | 2jp | | | § Buku pelajaran agama Hindu X SMA |
§ Melafalkan mantra-mantra sembahyang | · Mengingat kembali mantra-mantra sembahyang · Mendemonstrasikan mantra-mantra sembahyang | · Kutipan mantra-mantra sembahyang | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tugas | 2jp | | | § Buku Persembahyangan § Buku kramaning sembah |
§ Melaksanakan sembahyang sesuai dengan tata cara yang benar | · Melakukan kegiatan sembahyang sesuai dengan tata cara yang benar | · Tata Cara Persembahyangan | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tugas | 2jp | | | § Buku doa sehari – hari menurut Hindu |
SILABUS
SATUAN PENDIDIKAN :SMA NEGERI 1 BONTANG
MATA PELAJARAN : AGAMA HINDU
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : Memahami Perhitungan Hari-hari suci menurut Hindu.
ASPEK : Hari Suci
ALOKASI WAKTU : 8 x 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
§ Menentukan hari-hari suci menurut Hindu | · Mencari hari baik buruknya (hala Ayuning) Dewasya · Menghasilkan hari-hari suci menurut Hindu | · Wariga · Hari – hari suci | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tes tertulis · Tugas | 4jp | | | § Buku Wariga § Kalender Hindu |
§ Menunjukkan cara-cara menentukan hari-hari suci berdasarkan perhitungan Hindu (wuku dan sasih) | · Menggunakan perhitungan hari-hari suci | · Wariga · Hari – hari suci | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tugas | 2jp | | | § Buku Wariga § Kalender Hindu |
§ Menentukan baik-buruknya hari berdasarkan perhitungan Hindu | · Menghitung baik buruknya Dewasya | · Wariga · Hari – hari suci | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tugas | 2jp | | | |
SILABUS
SATUAN PENDIDIKAN :SMA NEGERI 1 BONTANG
MATA PELAJARAN : AGAMA HINDU
KELAS/SEMESTER : X/2
STANDAR KOMPETENSI : Memahami Sifat-sifat Triguna dan Dasamala.
ASPEK : Susila
ALOKASI WAKTU : 14 x 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
§ Menguraikan pengertian Tri Guna dan Dasa Mala | · Menyebutkan pengertian dan bagian – bagian Tri Guna dan Dasa Mala · Menguraikan makna Tri Guna dan Dasa Mala | · Pengertian dan makna Tri Guna · Pengertian dan makna Dasa Mala | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tes tertulis | 2jp | | | |
§ Menjelaskan bagian-bagian Tri Guna dan Dasa Mala | · Membedakan bagian – bagian Tri Guna dan Dasa Mala · Memberi contoh bagian – bagian Tri Guna dan Dasa Mala | · Perbedaan bagian – bagian Tri Guna · Perbedaan bagian – bagian Dasa Mala | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tes tertulis | 2jp | | | |
§ Mengidentifikasi pengaruh Tri Guna dan Dasa Mala terhadap kepribadian manusia | · Menyebutkan tanda – tanda pengaruh Tri Guna dan Dasa Mala · Memberi alasan tentang pengaruh Tri Guna dan Dasa Mala terhadap kepribadian manusia | · Pengaruh Tri Guna dan Dasa Mala terhadap kepribadian manusia | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tes tertulis | 4jp | | | |
§ Menunjukkan contoh-contoh perilaku yang dipengaruhi oleh Tri Guna dan Dasa Mala | · Menggolongkan perilaku yang dipengaruhi Tri Guna dan Dasa Mala · Menyajikan daftar/bagan perilaku yang dipengaruhi Tri Guna dan Dasa Mala | · Pengaruh Tri Guna terhadap perilaku manusia · Pengaruh Dasa Mala terhadap perilaku manusia · Ajaran pengendalian diri | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tes tertulis · Tugas | 4jp | | | |
§ Melakukan upaya-upaya untuk menghindari pengaruh Dasa Mala | · Memahami ajaran pengendalian diri · Menerapkan ajaran pengendalian diri | | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes Pengamatan · Tes Perilaku · Tes tertulis · Tugas | 2jp | | | |
SILABUS
SATUAN PENDIDIKAN :SMA NEGERI 1 BONTANG
MATA PELAJARAN : AGAMA HINDU
KELAS/SEMESTER : X/ 2
STANDAR KOMPETENSI : Memahami Struktur, hakekat dan pelestarian kesucian tempat suci.
ASPEK : Tempat suci
ALOKASI WAKTU : 6 x 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
§ Menguraikan struktur dan hakikat tempat suci | · Menyebutkan struktur tempat suci · Menjelaskan hakekat tempat suci | · Struktur dan hakekat tempat suci | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tes tertulis · | 2jp | | | |
§ Menggambarkan struktur tempat suci menurut daerah setempat | · Membuat sketsa susunan tempat suci menurut daerah setempat · Menjelaskan fungsi dan makna susunan tempat suci menurut daerah setempat | · Bentuk dan jenis tempat suci menurut daerah setempat · Fungsi, makna, bentuk dan jenis tempat suci menurut daerah setempat | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tugas | 2jp | | | |
§ Melakukan upaya-upaya pelestarian kesucian tempat suci | · Menyebutkan isi bisama kesucian pura · Melaksanakan upaya-upaya untuk melestarikan kesucian tempat suci | · Bisama kesucian pura · Upaya-upaya melestarikan kesucian tempat suci | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tes tertulis | 2jp | | | |
SILABUS
SATUAN PENDIDIKAN : SMA NEGERI 1 BONTANG
MATA PELAJARAN : AGAMA HINDU
KELAS/SEMESTER : X/2
STANDAR KOMPETENSI : Memahami Atman sebagai sumber hidup.
ASPEK : Sraddha
Alokasi Waktu : 8 x 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
§ Menjelaskan pengertian dan fungsi Atman | · Menyebutkan pengertian dan fungsi Atman · Menguraikan hakekat Atman | · Pengertian, fungsi dan hakekat Atman | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes tertulis | 2jp | | | |
§ Menguraikan sifat-sifat Atman | · Membedakan antara badan dan Atman · Menjelaskan sifat – sifat Atman | · Sifat – sifat Atman | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes lisan · Tes tertulis · Tugas | 2jp | | | |
§ Menjelaskan hubungan Atman dengan Brahman | · Menghubungkan sifat – sifat Atman dan sifat – sifat Brahman · Menguraikan prinsip – prinsip dasar hubungan Atman dengan Brahman | · Sifat – sifat Brahman · Prinsip dasar hubungan Atman dengan Brahman | Dialog/Tanya jawab tentang | · Tes tertulis | 4jp | | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar